Posted by: ariesaziz | January 13, 2010

sleep…………..

POWER OF SLEEP

Mengapa kita harus tidur?  Semua orang itu menganggap itu adalah sebuah pertanyan yang paling konyol di dunia. Tentu saja kita harus tidur malahan sesuatu yang wajib pula, karena tidur itu bermanfaat bagi tubuh kita.
Menurut dr. R Dany, S. Ked  bahwa tidur merupakan salah satu cara melepas kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Dengan tidur semua keluhan dapat hilang atau berkurang dan tubuh akn kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk melakukan aktifitas, tetapi tujuan yang terpenting tidur bukanlah mengistirahatkan tubuh dari kegiatan dan kerja yang bisa seperti pendapat sementara orang, tetapi juga makin menjelaskan keyakinan bahwa tidak ada bagian kehidupan manusia yang pantas dianggap lebih penting bagi perkembangan spiritualnya yang simetris yang sempurna daripada ketia manusia dipisahkan dari dunia ramai salagi tidur.
Ketika kita tidur , dalam tubuh kita berlangsung proses pembentuan sel-sel tubuh yang rusak (natural healing mechanism), memberi waktu organ tubuh untuk beristirhat serta menjaga keseimbangan metabolisme dan bio kimiawi tubuh. Sebuah proses yang sanagat dibutuhkan tubuh manusia. Beberapa hasil peniltian mengungkapkan , “Ti9dak diperlukan untuk konsolidasi memori (mengingat)”, artinnya tanpa tidur , segala sesuatu yang kita lihat, alami, pelajari, tidak akan bisa kita ingat untuk jangka panjang.
Kebutuhan tidur memang bersifat sangat pribadi, dan memang tidak diketahui kenapa.  Tidak peduli, jenis kelamin, intelektual, atau jumlah olah raga yang di dapat seseorang. Thomas Edison, seorang penemu besar Amerika hanya tidur 4-5 jam setiap malam. Sedangkan abert Eistein, ilmuan jenius , membutuhkan paling sedikit 9 jam agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Seorang bayi yang baru lahir biasanya membutuhkan 20 jam sehari. Anak berusia 6 tahun membutuhan 10 jam. Anak berusia 12 tahun 9 jam. Orang dewasa 7-8 jam (penemu terbaru tampanya menunjukan bahwa 9 jam tidur lebih baik). Tetapi perkiraan ini sangat bervariasi. Para ahli tidur telah menmberi aturan umum yaitu ebutuhan tidur anda dapat terpenuhi jika anda tidak mengantuk/terkantuk-kantuk waktu siang hari dan benar-benar terjaga dan merasa bugar.
Jadi , inti kebugaran yang didapat dari tidur bukan terleta pada kuantitas jam tidur melainkan kualitas tidur itu sendiri.

creted by “arisaziz”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: